Hukum : 19 Juli 2017

Densus Antikorupsi Dibentuk, Dir Tipikor Bubar

Editor : Bayu Hermawan - Reporter : Mabruroh

Kadiv Humas Irjen Pol Setyo Wasisto. [Foto/Int]

JAKARTA – Mabes Polri berencana untuk membubarkan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dit Tipikor) Bareskrim Polri jika pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Antikorupsi Polri telah diselesaikan.
 
"Kalau sudah ada Densus, Dit Tipikor tidak ada. Dihilangkan nantinya," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/7).

Setyo menerangkan bila nanti Densus Anti-Korupsi ini resmi terbentuk maka seluruh kasus tindak pidana korupsi tidak lagi ditangani oleh Dit Tipikor. Seluruh kasus kata dia baik di daerah maupun di pusat akan ditangani oleh Densus Antikorupsi.

Densus antikorupsi ini dibentuk lebih ringkas dalam menangani kasus dan tentunya akan berbeda dengan Tipikor. Bila Tipikor dalam penyelesaian kasus harus dibawa ke kejaksaan untuk kemudian diputuskan p21 maka Densus antikorupsi tidak demikian.

Densus antikorupsi dan kejaksaan sudah sejak awal berkoordinasi. Yang artinya tidak perlu lagi ada pengembalian berkas berkali-kali atau P19 namun bisa langsung menuju ke pengadilan.

"Kalau Tipikor kan berhubungan dengan kejaksaan hubungan secara biasa, kita mengajukan berkas kalau diterima P21, kalau ditolak P19 bolak-balik, nah kalau Densus (antikorupsi) nanti jaksa sudah mulai mensupervisi, bekerja sama sehingga nanti akan lebih simpel, singkat dalam penanganan dan maju ke pengadilan," jelasnya. [*]

Berita Terbaru