Metropolis : 5 Desember 2017

Pengurus AMSI Wilayah Riau Periode 2017 - 2020 Dilantik

Editor : Adf - Reporter : Adf

Jajaran pengurus AMSI Riau berfoto bersama Wakil Gubernur Riau. [Foto: Ist]

PEKANBARU – Jajaran Pengurus Wilayah Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau periode 2017-2020 resmi dilantik, Selasa (05/12/17). Pelantikan ini dilakukan oleh Dewan Pertimbangan AMSI Pusat, Sapto Anggoro.

Ketua AMSI terpilih, Ahmad Su'udi menjelaskan, AMSI Riau mengusung visi dan misi sebagai sarana untuk membangun media siber yang profesional, beretika dan memberikan informasi yang dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan.

Menurut Ahmad S’ Udi, yang paling membanggakan adalah, kepengurusan AMSI Riau merupakan yang pertama dilantik.
"Dari catatan Nasional, Riau adalah wilayah yang pertama yang melakukan pelantikan Pengurus AMSI. Dengan demikian kita berharap AMSI Riau mampu menjadi asosiasi yang menciptakan media-media siber yang profesional, beretika, dengan informasi yang terpercaya," terangnya.

Kehadiran AMSI Riau, menurut dia, dilatarbelakangi semakin bertumbuhnya media-media siber yang di Riau. Menurut catatan ada sekitar 300-400 media siber. Sedangkan secara nasional telah menyentuh angka 43 ribu situs. "Semakin tingginya jumlah media siber tentu menambah besarnya ancaman di ranah profesionalisme dalam penyampaian berita. Sehingga salah satu tujuan AMSI Riau yakni sebagai pengontrol yang terus memberikan edukasi kinerja situs berita hingga tetap menjaga profesional, etika dan juga berita yang dapat dipertanggung jawabkan," paparnya.

AMSI Riau sendiri saat ini beranggotakan 10 media siber. Di antaranya yakni Riauterkini.com, GoRiau.com, Bertuahpos.com, Cakaplah.com, Riauonline.com, Tribunnews.com, Utusanriau.co, Genews.com, Potretnews.com, dan Riausatu.com. Adapun susunan Pengurus AMSI Riau adalah Ketua, Ahmad S. Udi (Riauterkini), Wakil Ketua Harismanto Jambak (Tribunpekanbaru.com), Sekretaris Dian Al Hadi (Cakaplah.com), Bendahara Junaidi (Bertuahpos.com), Divisi Organisasi Adlis Pitra Jaya (Utusanriau.co), Divisi Diklat Asdedi Wijaya (Genews.com), Divisi Advokasi Mario Abdillah Khair (Potretnews.com), Divisi Pengembangan Bisnis Fakhrurrozy (Riauonline.co.id) Dewan Pengawas Novrizon Burman (Riausatu.com) dan Dewan Etik Hasan Basril (Goriau.com).

Sementara itu, Sapto anggoro, Dewan Pertimbangan AMSI Pusat berharap pengurus AMSI Riau mampu mengontrol informasi atau berita yang terpercaya. "AMSI adalah sarana untuk membentuk media siber yang kredible dan terhindar dari berita hoax. Sebab, menjadi anggota AMSI juga harus memiliki media yang jelas baik secara hukum dan secara kinerja. Ini juga sesuai dengan ketentuan dewan pers," jelasnya.

Saat ini, menurut Sapto, media siber cukup akan menyita perhatian masyarakat kedepannya. Peralihan ini tentu akan membuat masyarakat lebih dekat dengan media online untuk mendapatkan informasi. "Ini peradaban baru yang dilakukan teman-teman AMSI Riau di dunia digital," tuturnya.

Sedangkan Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran AMSI di wilayah Riau.  Dia berharap organisasi ini menjadi benteng dalam memilah informasi dari media yang berkualitas dan profesional. " Kita sangat apresiasi kepada AMSI Riau yang merupakan pengurus AMSI pertama yang dilantik secara nasional. Kita berharap AMSI Riau mejadi penyaring media-media yang bagus, berkarakter dan profesional dalam menyampaikan informasinya," katanya.

Pelantikan ini juga dimeriahkan dengan seminar Nasional bertema "Bisnis Era Digital Tantangan dan Peluang" yang dinarasumberi oleh Dewan Pertimbangan AMSI Pusat, Sapto Anggoro, Wan Hizra Marisa sebagai Pimpinan Google Ambasador, Miftah Nur Sabri selaku Founder Selasar.com dan moderator Ahmad Su'udi. (*)

Berita Terbaru