bengkel : Kamis, 06 Oktober 2016

Tips Beli Mobil Bekas

Harus Jeli dan Jangan Hanya Tergiur Harga Murah

Editor : Putrajaya - Reporter : Bagus

Karat dibawah lantai. [Foto: Int]

DALAM kondisi ekonomi yang kurang stabil seperti saat ini, tentunya mobil second alias mobil bekas masih menjadi primadona. Namun, ada hal wajib untuk diketahui sebelum anda mewujudkan impian tersebut.

Membeli mobil bekas tentu berbeda dengan membeli mobil baru,dan konsumen diharuskan lebih jeli dan teliti dalam memeriksa kendaraan.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas? Mengutip dari Cheatsheet, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan jika ingin membeli mobil bekas, terutama di bagian bodi. Bagian bodi mobil sangat rawan keropos, apalagi pemilik pertama tidak terlalu mengindahkan perawatan dan kebersihan.

Menurut Cheatsheet bagian bodi yang dianggap rawan keropos diantaranya, spakbor roda, pintu, talang air dan kolong mobil.

Spakbor roda dianggap rawan keropos karena bagian ini lebih sering terkena cipratan air, dan banyak kotoran/tanah yang menempel, jika tidak sering dibersihkan maka akan cepat bikin keropos. Pintu salah satu bagian yang rawan keropos, karena sering kemasukan air melalui karet penjepit kaca, terlebih karet penjepit kaca sudah aus/keras sehingga tidak maksimal menahan aliran air.

Talang air mobil adalah tempat aliran atau buangan air di mobil, bagian yang sering dialiri air ini lebih banyak meninggalkan endapan debu/kotoran. Jika tidak sering dibersihkan bisa menyebabkan bodi cepat keropos. Terakhir kolong mobil, bagian ini adalah yang paling rawan, karena jadi salah satu bagian yang jarang tersentuh, terutama jika Anda mencuci mobil sendiri karena sulit untuk dijangkau.

Mulai sekarang perhatikan daerah bodi yang rawan keropos, ini bisa dijadikan acuan tidak hanya dalam membeli mobil bekas, tapi juga bisa dijadikan pedoman dalam merawat kebersihan mobil Anda agar kondisinya lebih awet. [*]

Berita Terbaru