bengkel : Rabu, 26 Oktober 2016

Mobil Terkena Banjir, Perhatikan Komponen Ini

Editor : Putra - Reporter : Reds

Jakarta - Sebagian besar daerah kini tengah mengalami musim hujan dengan curah yang tinggi, maka akan timbul genangan air di jalan. Beberapa pengemudi biasanya terus memacu kendaraan, meskipun dengan kondisi air yang cukup tinggi.

Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi mengungkapkan, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan para pengendara mobil, apabila sudah melewati banjir. Bagian elektronik dari mobil, menjadi hal yang paling utama untuk diperhatikan. "Pertama, elektrik memang agak parah keadaannya, kalau mesin tidak masalah. Tapi, yang lebih terutama elektronik, termasuk ECU (Electronic Control Unit) dan lain-lain," kata Dewa, Rabu (26/10).

Ia melanjutkan, komponen elektronik dari mobil pun bermacam-macam, seperti ECU dan alat kontrol lainnya. Sementara pada bagian mesin, menurut Dewa tidak akan terkena dampak yang parah, sebab masih bisa dikeringkan, sehingga masih bisa dipergunakan lagi. "Yang bisa dikeringin, besi-besi itu enggak apa-apa, tapi kalau alat-alat listrik ini yang bisa korslet. Apa lagi saat menyala, terhubung dengan power, aki," ujarnya.

Berita Terbaru