Sumbar : Jumat, 10 Maret 2017

Padang-Turki Kerja Sama Kembangkan Pendidikan Islam

Editor : Putrajaya - Reporter : Red

PADANG - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat dan Lembaga Sulaimaniyah Turki menjajaki kerja sama dalam pengembangan Pendidikan Islam sekaligus memperkuat program Badan Amil Zakat Nasional Padang Religius.

"Kami telah bertemu di Jakarta beberapa hari lalu, tinggal saja merumuskan program yang akan dikerja samakan," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat (10/3).

Salah satu kerja sama yang akan diwujudkan yakni pembukaan cabang Mahad Tahfiz Sulaimaniyah di Padang.

Ada banyak keuntungan bila jadi dibuka di Padang seperti beasiswa pendidikan Islam ke Turki, pengajaran hafalan Quran 30 Juz dan gratis sekolah tiga tahun di Turki.

Dia mengatakan Yayasan Sulaimaniyah termasuk yang konsisten dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia khususnya dalam hafalan Quran.

"Kami siap memenuhi permintaan yayasan tersebut bila jadi kerja sama," kata dia seperti dilansir republika.

Dia menyebutkan dalam pertemuan dengan Direktur Yayasan Sulaimaniyah di Jakarta, ada klausul penyediaan tanah dan asrama. Dalam hal ini pihaknya melalui Baznas akan mempermudah urusan tersebut.

Sementara itu Ketua Baznas Padang Epi Santoso mewakili direktur Yayasan Sulaimaniyah Farhad Abbas mengatakan, bila kerja sama ini terjalin, satu sama lain akan menguatkan dalam pendidikan agama Islam. Dia meyakini kerja sama akan mendukung program Padang Religius yang rutin dilaksanakan Baznas.

Seperti penyediaan rumah Tahfiz atau sarana hafalan Quran atau penyiapan dai pinggiran. [*]

Berita Terbaru