16 Zulqaidah 1441 H / Selasa, 7 Juli 2020
Kuota CASN 2019, Meranti Dapat Jatah 121 Formasi
meranti | Selasa, 22 Oktober 2019
Editor : | Penulis : Ali
ilustrasi

SELATPANJANG - Kuota penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2019 untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti hanya mendapatkan jatah 121 formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti, Bakharuddin MPd, mengatakan, kuota sebanyak 121 itu diperuntukkan untuk tiga bidang. "Untuk tenaga pendidik sebanyak 22 orang, tenaga kesehatan 57 orang, dan tenaga teknis sebanyak 42 orang," ujarnya, Selasa (22/10).

Menurut Bakharuddin, kuota CASN yang diberikan pada tahun ini memang masih jauh dari usulan yang disampaikan. Sebelumnya, Pemkab Kepulauan Meranti sudah menyampaikan usulan formasi kepada pemerintah pusat berdasarkan analisis jabatan dan sesuai dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun dan masuk masa pensiun.

"Kira sudah mengajukan sebanyak 1.191 formasi, di mana 67 formasi di antaranya adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Semua formasi itu sudah diinput melalui aplikasi E Buzzetting," lanjutnya lagi.

Namun kata Bakharuddin, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 bagi pemerintah daerah itu harus memperhatikan ketersediaan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan prinsip zero growth. "Dari pengajuan formasi yang dilakukan itu tidak otomatis disetujui semua karena harus mempertimbangkan kondisi keuangan daerah," kata Bakharuddin.

Dia mengaku, pihaknya sudah mengusulkan anggaran untuk proses perekrutan CASN baru tersebut. Dia menegaskan bahwa dalam perekrutan nanti, BKD hanya sebagai koordinator daerah saja.

Bakharuddin menjelaskan, dalam proses perekrutan nanti tidak akan jauh berbeda dengan proses perekrutan sebelumnya. Di mana, Pemkab Meranti hanya sebagai panitia daerah yang membantu proses perekrutan tersebut.

“Secara teknis kita hanya membantu menerima dokumen administrasi dari pelamar saja. Sementara, yang menyiapkan materi yang diujikan kepada pelamar dilakukan BKN, sebagai perpanjangan tangan Kemenpan-RB. Termasuk yang melakukan seleksi dan memutuskan kelulusan,” paparnya.

Ditanya pengumuman pembukaan seleksi CASN 2019, berdasarkan informasi, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian (Inka), Said Solahuddin, mengatakan, akan diumumkan secara resmi pada Oktober ini.

"Untuk pendaftarannya itu nanti baru dibuka November, tapi belum pasti tanggal berapa. Kita tunggu saja pastinya," sebutnya.

Meski begitu, sambung Said, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait penerimaan dan tahapan seleksi CASN dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.*



Artikel Terbaru
pasar, Selasa, 7 Juli 2020

Pekan ini, Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 8 – 14 Juli  di tingkat.


meranti, Selasa, 7 Juli 2020

Pesisir Pulau Rangsang, Kepulaun Meranti, Provinsi Riau, terjadi karhutla lagi. Titik api berada tidak.


nusantara, Selasa, 7 Juli 2020

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) berdiri di saat dunia pers sedang risau dan galau hebat seiring.


olahraga, Senin, 6 Juli 2020

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan penyelenggaraan Tour de Siak tahun ini.


wajah, Senin, 6 Juli 2020

Aktris Bolliwood, Priyanka Chopra terus melambungkan namanya di kancah film Hollywood. Kini, istri Nick.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang diduga mengendalikan.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Senin (6/7), pukul.


pekanbaru, Senin, 6 Juli 2020

Seekor bayi Gajah jantan hasil perkawinan Gajah binaan di Taman Wisata.


hukum, Minggu, 5 Juli 2020

Forum Pondok Pesantren (FPP) Priangan Timur menyesalkan pernyataan Denny Siregar yang menulis penyataan.


mancanegara, Jumat, 3 Juli 2020

Sebuah video yang beredar baru-baru ini membuat netizen sedih sekaligus marah. Video yang menggegerkan di.