16 Zulqaidah 1441 H / Selasa, 7 Juli 2020
7 Jenis Usaha Rumahan yang Menguntungkan
inspiratif | Jumat, 29 Mei 2020
Editor : Redpes | Penulis : Jevi Nugraha
Ilustrasi. {int]

Banyak orang sukses di dunia ini karena memiliki usaha atau bisnis sendiri. Maka tak heran apabila setiap orang selalu menginginkan untuk memiliki usaha sendiri. Salah satu bentuk usaha yang kini diinginkan banyak orang ialah usaha rumahan.

Secara definisi usaha rumahan merupakan bentuk bisnis atau usaha yang bertempat di rumah sendiri (pemilik bisnis). Selain dapat menjalankan bisnis di rumah, usaha rumahan juga sering dipandang sebagai salah satu usaha yang menguntungkan. Tak hanya itu, jenis usaha rumahan juga tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya.

Saat ingin membangun dan menjalankan usaha, umumnya seseorang mengalami kendala tidak memiliki modal. Di samping itu, tidak sedikit juga orang yang bingung menentukanjenis usaha rumahan yang ingin dilakukannya. Akan tetapi jangan khawatir, banyak jenis usaha rumahan yang hanya memerlukan modal sedikit dan menguntungkan.

Lantas jenis usaha rumahan apakah yang sebaiknya dilakukan? Simak beberapa jenis usaha rumahan yang menguntungkan dan mudah dilakukan berikut ini.

Warung Kopi
 
Minum kopi seolah telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang kini memiliki hobi minum kopi. Tak hanya karena memiliki cita rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan anak muda.

Banyaknya pecinta kopi seperti sekarang ini, dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha warung kopi. Jenis usaha ini selain menguntungkan juga mudah dilakukan. Tak hanya itu, membuka warung kopi juga terbilang hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat warung kopi kecil-kecilan di rumah terlebih dahulu. Setelah usaha mulai berkembang, Anda dapat memperluas konsumen dengan menggunakan beberapa strategi, misalnya memanfaatkan media sosial untuk iklan. Sehingga dengan cara yang seperti ini usaha akan semakin berkembang.


Handmade

Salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dilakukan dengan jumlah modal yang tidak besar ialah Handmade. Jenis usaha kerajinan ini, kini sangat diminati oleh para konsumen. Berbagai macam Handmade, seperti tas hingga sepatu kini diburu oleh para pecinta produk kerajinan tangan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat kerajinan tangan yang memiliki harga jual sangat tinggi. Kini telah banyak pengusaha sukses yang memulai usahanya dengan memanfaatkan limbah industri.

 

Laundry
 
Jenis usaha rumahan lainnya yang bisa dicoba ialah laundry. Memiliki usaha laundry tidak perlu memiliki keahlian khusus, pasalnya Anda hanya membutuhkan mesin cuci dan beberapa peralatan, seperti setrika hingga pewangi.

Usaha laundry di rumah cukup menjanjikan, terlebih bagi Anda yang memiliki tempat strategis, seperti di lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran. Jenis usaha rumahan ini wajib Anda coba.

 

Jual Pulsa

Hampir setiap orang kini telah memiliki dan menggunakan Handphone atau Gadget untuk media komunikasi. Sehingga kebutuhan pulsa atau internet juga semakin tinggi. Sehingga peluang untuk membuka konter masih sangat memungkinkan.

Meskipun kini sudah banyak konter yang menjual pulsa dan Handphone. Namun, pengguna internet semakin hari juga terus meningkat. Sehingga tidak ada salahnya apabila Anda juga membuka jenis usaha rumahan ini. Selain mudah, usaha menjual pulsa juga menguntungkan.

 

Warung Makan
 
Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Sehingga selamanya, seseorang pasti akan selalu membutuhkan makanan. Sehingga membuka warung makan menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang paling menjanjikan.

Bagi Anda yang memiliki bakat memasak, sebaiknya mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan Anda jual, sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar. Apabila lokasi rumah berdekatan dengan kampus atau sekolah, maka sesuaikan jenis makanan yang disukai kalangan pelajar dan mahasiswa.
6 dari 7 halaman
Berternak Ikan Lele

Jenis usaha rumahan yang menguntungkan berikutnya ialah berternak ikan lele. Usaha ini sangat cocok bagi yang memiliki pekarangan rumah yang lebar, sehingga Anda dapat memanfaatkan tanah ini untuk membuat kolam ikan.

Selain tidak perlu mengeluarkan banyak modal, memelihara ikan lele terbilang juga cukup mudah. Selain itu, berternak lele kini juga sangat menguntungkan, pasalnya hampir setiap warung makan kini membutuhkan pasokan ikan lele. Sehingga berternak lele menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang menguntungkan.


Cuci Sepatu
 
Salah satu jenis usaha rumahan yang hanya memerlukan modal sedikit ialah cuci sepatu. Jenis usaha ini hampir mirip dengan laundry, akan tetapi lebih sederhana usaha cuci sepatu. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

Saat menjalankan usaha ini Anda juga perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi di lingkungan. Apabila lokasi rumah Anda berada di pusat kampus atau perkantoran, jenis usaha ini sangat cocok dikembangkan. Hanya dengan jumlah modal yang tidak besar, usaha cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan.[jen]


Sumber: Merdeka.com



Artikel Terbaru
nusantara, Selasa, 7 Juli 2020
.

olahraga, Senin, 6 Juli 2020

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan penyelenggaraan Tour de Siak tahun ini.


wajah, Senin, 6 Juli 2020

Aktris Bolliwood, Priyanka Chopra terus melambungkan namanya di kancah film Hollywood. Kini, istri Nick.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang diduga mengendalikan.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Senin (6/7), pukul.


pekanbaru, Senin, 6 Juli 2020

Seekor bayi Gajah jantan hasil perkawinan Gajah binaan di Taman Wisata.


hukum, Minggu, 5 Juli 2020

Forum Pondok Pesantren (FPP) Priangan Timur menyesalkan pernyataan Denny Siregar yang menulis penyataan.


mancanegara, Jumat, 3 Juli 2020

Sebuah video yang beredar baru-baru ini membuat netizen sedih sekaligus marah. Video yang menggegerkan di.


hukum, Jumat, 3 Juli 2020

Kepala Daerah di Kalimantan Timur bersama sejumlah lainnya ikut terjaring dalam operasi tangkap.


pekanbaru, Jumat, 3 Juli 2020
.