23 Zulqaidah 1441 H / Selasa, 14 Juli 2020
Hoak, Puskesmas Rumbai Pesisir Isolasi Karyawan Usai Jalani Rapid Test
pekanbaru | Rabu, 24 Juni 2020
Editor : Pitra Jaya | Penulis : PE
Dince Safrina, SST/net

PEKANBARUEXPRESS,PEKANBARU- Kepala Puskesmas Rumbai Pesisir, Dince Safrina SST membantah kebenaran  informasi  pihaknya mengisolasi 52 orang pegawai Puskesmas Rumbai Pesisir, Pekanbaru usai menjalani rapid tes dan swab tes.

Dikatakan  Dince Safrina SST,  pihaknya tidak ada menerapkan aturan mesti isolasi di gedung puskesmas bagi para pegawai.

''Itu tidak benar,  swab 52 orang pegawai  tetap dibolehkan pulang kerumah dan bertemu keluarga, namun kepala puskesmas menyarankan mereka untuk mengisolasi diri dirumah dan menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga jarak menjelang hasil swab keluar. Apalagi hasil rapid semuanya non-reaktif, hasil swab-nya masih menunggu," kata Dince, Selasa (23/6/2020).

Isu mengenai diisolasinya seluruh pegawai puskesmas dalam gedung ini beredar di WhatsApp Grup (WAG) masyarakat sehingga membuat kecemasan. Kabar ini juga berkembang lantaran satu orang dokter internsip di Puskesmas tersebut dinyatakan terpapar Virus Corona. Saat ini dokter yang sedang penyelarasan hasil pendidikan itu dirawat di RSUD Madani Pekanbaru.

"Dia dokter internsip, tinggal di Rimbo Panjang. Kemarin Senin pagi disini kan ada sunatan massal, dia itupun berada disini. Ini yang sekarang kami tracking juga, cuma hari ini fokus ke pegawai puskesmas dulu," ungkap Dince.

Dince mengakui, untuk melakukan isolasi di gedung puskesmas bukanlah perkara mudah. Lantaran fasilitas di gedung layanan kesehatan ini tidak memadai. "Kalau diisolasi disini gak bisa, gak ada ruangan khusus, paling mushala paling tidak," katanya.

Paska pemeriksaan tadi, memang diakuinya ada beberapa yang perduli dengan memberikan sumbangsihnya berupa kebutuhan pangan. Seperti nasi, minuman dan sebagainya.

"Tadi ada dari Camat berikan nasi, kemudian anggota dewan juga. Ya mungkin karena hubungan baik selama ini," tuturnya.

Sampai tiga hari kedepan, Kamis 25 Juni 2020 pelayanan di Puskesmas Rumbai Pesisir ditutup sementara. "Tiga hari kedepan ditutup, kita tutup sampe hasil swab pegawai keluar. Ya mudah-mudahan gak ada penambahan lagi," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat agar dapat benar-benar menerapkan protokol kesehatan, memakasi masker dan jaga jarak. Lantaran pandemi ini belum berakhir, dan dapat menyerang siapa saja.

"Masyarakat jangan acuh, era new normal ini belum normal seperti biasa. Tetap pakai masker, dan jaga jarak," pungkasnya. 

Sementara itu Camat Rumbai Pesisir Syamsuddin mengatakan, pegawai Puskesmas Rumbai Jalan Sekolah, bukan diisolasi. Katanya, di Rumbai Pesisir terdapat dua puskesmas yaitu Puskesmas Rumbai dan Puskesmas Lembah Sari. Keduanya ditangani oleh Puskesmas Karya Wanita.

"Untuk Puskesmas Rumbai sudah ditutup, karena dapat hasil ada satu orang yang positif. Sehingga tadi sudah dirembuk, pegawai tidak pada pulang terlebih dulu dan langsung dilakukan swab. Swab selesai maghrib dan menunggu tiga hari ke depan," ungkapnya.



Artikel Terbaru
rohil, Selasa, 14 Juli 2020

Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hilir (Rohil) laksanakan pemusnahan Barang Bukti (BB) tindak Pidana Umum.


pekanbaru, Selasa, 14 Juli 2020

Tak terima dibayar 'kencan tidur'  dengan uang palsu Rp850 ribu, RP alias Riau (33).


pekanbaru, Kamis, 9 Juli 2020

SKK Migas Perwakilan Sumbagut bersama KKKS wilayah Riau, Kamis (9/7/2020) menyerahkan ratusan paket.


pasar, Selasa, 7 Juli 2020

Pekan ini, Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 8 – 14 Juli  di tingkat.


meranti, Selasa, 7 Juli 2020

Pesisir Pulau Rangsang, Kepulaun Meranti, Provinsi Riau, terjadi karhutla lagi. Titik api berada tidak.


nusantara, Selasa, 7 Juli 2020

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) berdiri di saat dunia pers sedang risau dan galau hebat seiring.


olahraga, Senin, 6 Juli 2020

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan penyelenggaraan Tour de Siak tahun ini.


wajah, Senin, 6 Juli 2020

Aktris Bolliwood, Priyanka Chopra terus melambungkan namanya di kancah film Hollywood. Kini, istri Nick.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang diduga mengendalikan.


hukum, Senin, 6 Juli 2020

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Senin (6/7), pukul.